Rid'da

Ridda adalah sebuah kata kerja intransitif dan akar katanya radd. Ia tidak memiliki bentuk transifif; seseorang dapat memutuskan untuk murtad, tetapi tidak ada orang lain dapat membuatnya seorang murtad. Ia merupakan tindakan yang dilakukan atas keinginan sendiri dan tidak ada fihak luar yang dapat ikut campur di bagian manapun didalamnya. Adalah aspek kebebasan nurani ini yang membedakan irtidad dari konsep kemurtadan menurut Kristen dan Maududi, yang kami bahas pada bab terakhir, yakni kemurtadan dan hukumannya membutuhkan otoritas ekstrnal, gereja atau negara. Ia bagaikan eksekusi atau, bahkan, pembunuhan. Sementara irtidad adalah bagaikan tindakan bunuh diri. Seseorang dapat menghukum mati at au membunuh tetapi tidak seorangpun dapat 'membunuh dirikan' orang lain.



1. Musyrik adalah mengadakan sekutu terhadap Allah. Percaya bahwa ada wujud tuhan, selain Allah. Musyrik tidak akan diampuni dosanya. (baca Luqman 13) 

2. Munafiq adalah orang yang menampakan dan mengumumkan bahwa dia beriman padahal hatinya kafir. (baca Albaqarah 8) 

3. Fasik adalah seorang muslim yang meninggalkan kewajiban-kewajibannya atau selalu melakukan perbuatan yang diharamkan. (baca AlBaqarah 26-27) 

4. Kafir adalah orang yang tidak beriman dan tidak beragama dengan agama Islam.

5. Murtad adalah orang yang keluar dari agama Islam dan kemabali kepada kekafiran. (baca Albaqarah 217)